#KabarFilm – Tahun Ini Europe On Screen Hadir Kembali

 

Europe On Screen kembali hadir menyapa pencinta film seluruh Indonesia. Dari 5 sampai 14 Mei, festival film ini akan diadakan di enam kota: Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Diadakan untuk yang ke-15 kalinya di Indonesia, tahun ini Europe on Screen menayangkan 74 film dari 21 negara di Eropa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Europe On Screen 2017 akan menghadirkan film-film Eropa  yang berkualitas secara gratis. Beberapa judul yang menonjol, di antaranya pemenang film terbaik Berlin Film Festival Fire At Sea; pemenang Best Foreign Language Film penghargaan Oscar 2016,  Son of Saul; pemenang Best Foreign Language Film Oscar 2017, Toni Erdmann; nominasi di kategori yang sama, A Man Called Ove; dan Elle, dibintangi Isabelle Huppert, yang dinominasikan di kategori Best Actress di penghargaan Oscar 2017.

Europe On Screen tahun ini menampilkan beberapa film Eropa yang pernah tayang di bioskop Indonesia dua tahun terakhir, di antaranya Eye in the Sky, Legend, Our Kind of Traitor, Julieta, The Girl with All The Gifts, dan Room.

Europe On Screen dibagi menjadi tiga segmen besar dan tiga segmen kecil. Segmen XTRA menayangkan 18 film besar Eropa— film box office atau pemenang kompetisi-kompetisi film internasional. Film-film indie yang tak kalah berkualitasnya ditayangkan dalam segmen DISCOVERY, salah satunya Mustang (Prancis), Son of Saul (Hungaria), dan Room (Irlandia). Segmen DOCU menayangkan beragam film dokumenter yang digarap dengan gaya yang segar.

Bagi yang ingin merasakan sensasi layar tancap yang sudah jarang diadakan di ibukota, ada segmen Open Air Screening untuk anda. Open Air Screening diadakan di Erasmus Huis, Bintaro Exchange, dan Gandaria City. Spesial di tahun ini, ditayangkan masing-masing tiga film karya sutradara Luis Buñuel (Spanyol) dan Alfred Hitchcock dalam tajuk RETRO.

Empat orang filmmaker juga diundang dalam sesi diskusi setelah pemutaran film, di antaranya Joroen Beker, produser dari Paradise Suite (Belanda); Marko Röhr produser dari Tale of Lake (Finlandia); Martin Koolhove, sutradara dari Brimstone (Belanda); dan Andrzej Chyra, aktor dari film Carte Blanche (Polandia).

Di Jakarta, Europe On Screen diadakan di Erasmus Huis, Goethe Haus, Institut Francais, Istituto Italiano, dan Kineforum. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di europeonscreen.org

Penulis: Dini Adanurani, Ilmu Filsafat, Fakultas Ilmu Budaya

Photo: Infoscreening.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *