Sebelum Glass, inilah 12 film M Night Shyamalan lainnya, dari yang terbaik sampai terburuk!

Tahun 2016 lalu, kita dikejutkan dengan Split yang disutradarai oleh M Night Shyamalan, dan ternyata merupakan sekuel dari filmnya yang dulu sekali rilis pada tahun 2000 yang berjudul Unbreakable. Tahun ini akan tayang film Glass yang merupakan sekuel dari Split dan sekaligus akhir dari trilogi film Unbreakable. Sebelum itu, Shyamalan sudah membuat sekitar 11 film yang kuliatasnya sangat beragam, dari sangat baik sampai sangat hancur. Oleh karena itu, kami sudah mengurutkan 11 film karya M Night Shyamalan dari yang terburuk sampai yang terbaik menurut kami!

 

11. The Last Air Bender

Penistaan!” Mungkin itu kata yang cocok untuk disematkan pada film ini. Film yang diadaptasi dari serial animasi tv ternama Avatar The Legend of Aang ini sering dibilang sebagai film Mid Night Semaleman terburuk. CGI yang kasar, cerita yang terlalu terburu-buru, dan akting yang kaku membuat film ini pantas mendapatkan kritikan dari kalangan penonton dan kritikus. Apalagi kalau dilihat dari source materialnya yang sangat bagus, entah apa yang dipikirkan sang sutradara sampai bisa jadi segagal ini.

10. After Earth

Film yang dibintangi Aktor ternama Will Smith dan anaknya, Jaden Smithbercerita tentang planet Bumi yang menjadi planet berbahaya setelahberabad-abad ditinggal oleh manusia. Kitai Raige (Jaden Smith) harus bertahan hidup di sana setelah jatuh secara tidak sengaja saat berselisih dengan ayahnya. Plot yang terlalu rumit dan berantakan dan seringkali membosankan membuat film ini banyak dibenci oleh penontonnya. Bahkan Will Smith pun mengakui kalau ini film yang gagal.

9. Wide Awake

Film besar pertama yang disutradarai oleh M Night Sulaiman. Berbeda dengan filmnya yang lain, film ini merupakkan film drama komedi yang berkisah tentangseorang anak yang mencari jati diri setelah kakeknya meninggal, kemudian dia masuk ke sekolah khusus laki-laki.Enggak ada banyak hal yang bisa dibilang tentang film ini selain bahwa ini adalah film pertamanya yang dirilis secara luas. Film ini enggak terlalu jelek, tapi enggak bagus-bagus amat.

8. Lady In The Water

Film ini berkisah tentang seorang pengawas yang tidak sengaja menemukan seorang gadis cantik di kolam renang yang ternyata adalah makhluk mistik yang disebut Narf. Cerita yang terlalu mengada-ada dan cenderung membosankan dan romansa yang aneh membuat film ini dipandang sebagai salah satu film buruk sang sutradara. (Catatan penulis: kalau mau mencari cerita romansa antara manusia dan makhluk laut, mending nonton The Shape of Water saja. Atau kalau mau yang lucu, Putri Duyung juga bisa.)

7. The Happening

Setelah peristiwa hilangnya lebah di seluruh dunia, satu per satu manusia melakukan bunuh diri tanpa alasan yang jelas. Jalan cerita yang membosankan dengan akting yang kaku, dan alasan atas terjadinya semua hal yang enggak jelas akan membuat kalian kebingungan dan berkata “What’s Happening?!” Satu-satunya alasan film ini berada di peringkat yang tinggi hanya karena film ini sangat menghibur jika ditonton sebagai film komedi.

6. The Village

M Night Shyamaladingdong dikenal dengan plot twist pada filmnya. Dan walaupun filmnya yang satu ini memiliki plot twist, tapi plot twistnya terlalu mudah ditebak dan masih banyak hal yang perlu dijelaskan yang tidak dijelaskan di film ini yang membuat film ini cukup menjengkelkan. Beberapa hal baik dari film ini adalah propertinya yang bagus dan beberapa plot cerita yang menarik.

5. The Visit

Satu-satunya film M Night Shyamalan (Maaf, kami kehabisan plesetan) dalam format found-footage. Film thriller ini bercerita tentang 2 orang kakak beradik yang mau mengunjungi kakek neneknya yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Sampai di sana mereka melihat perilaku-perilaku aneh yang dilakukan oleh keduanya. Film yang cukup bagus dengan format yang menarik dan cerita cukup menegangkan, walaupun plot twistnya agak mudah ditebak, tapi diceritakan dengan cukup baik sehingga yang lainnya dapat termaafkan.

4. Signs

Signs adalah film misteri yang bagus, kalau bukan karena 20 menit terakhirnya. Film ini bercerita tentang sekeluarga yang menyaksikan misteri crop circle dan cahaya yang muncul dari langit bumi. Build up yang bagus dan akting yang solid, terutama dari Mel Gibson dan Joaqin Phoenix, membuat film ini sangat bagus di paruh awal, tapi siap-siap kecewa dengan endingnya.

3. Split

Premis cerita yang menarik, karakter yang unik, dan akting yang luar biasa dari James McAvoy membuat film ini mendapat sambutan bagus dari penonton dan kritikus. Film tentang seorang pemuda dengan 23 kepribadian berbeda ini berhasil membangkitkan kembali karir sang sutradara yang sebelumnya disebut-sebut tidak bisa membuat film bagus lagi.Plot Twist yang tidak terpikirkan membuat penonton menunggu-nunggu film selanjutnya.

2. Unbreakable

Film ini merupakan film kedua kolaborasi antara M Night Shyamalan dan aktor kawakan Bruce Willis merupakan cerita superhero yang sangat unik. David Dunn, seorang sekuriti menyadari bahwa dirinya mempunyai kekuatan seperti super hero, dia pun mencoba menjalankan perannya sebagai pembela kebenaran. Akting yang bagus dari Bruce Willis dan Samuel L. Jackson dengan cerita original, sangat baik.

1. The Sixth Sense

Tidak bisa dipungkiri, film The Sixth Sense adalah film terbaik karya M Night Shyamalan. Inilah Shyamalan dalam kondisi prima. Penyutradaraan yang apik, alur yang bagus dengan clue-clue subtle di sana sini, dan cerita yang menegangkan ditambah akting Bruce Willis dan Haley Joel Osment membuat film ini pantas ditunjuk film terbaik sang sutradara.

Jadi gimana guys? Setuju kah dengan urutan kami? Dan di urutan mana menurut kalian Glass masuk? Ayo komentar! Dan jangan lupa nonton film Glass di bioskop terdekat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *